Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 


Apa PembaTIK itu ?

 



PembaTIK adalah kepanjangan dari pembelajaran berbasis TIK merupakan program peningkatan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK guru UNESCO. Standar kompetensi TIK guru ini terdiri dari 4 level yaitu:

  1. Level Literasi
  2. Level Implementasi
  3. Level Kreasi
  4. Level Berbagi
level literasi merupakan tahapan dimana guru memahami serta mendalami semua informasi mengenai pembelajaran dan toolsnya yang terkait dengan TIK melalui modul yang disajikan di kelas SIMPATIK (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK) secara daring. Setelah itu, guru mengerjakan ujian akhir untuk menentukan kelulusan ke level selanjutnya.  

level implementasi merupakan tahapan dimana guru melaksanakan pembelajaran berbasis TIK di sekolahnya menggunakan aplikasi, tools, model terkait TIK yang telah didapatkan sebelumnya di level 1. Tahap ini meminta guru membuat vlog yang berisikan implementasi pengajaran yang didalamnya melakukan pembelajaran berbasis TIK salah satunya Rumah Belajar yang dimiliki kemendikbud. 

level kreasi merupakan tahapan lanjutan dari implementasi dimana guru diminta melakukan kreativitas dan inovasi didalam pembelajaran berbasis TIK. Tahap ini meminta guru membuat produk sendiri berisi multimedia/video terkait materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Seperti di level-level sebelumnya, tahapan ini juga ditutup dengan ujian akhir sebagai penentu kelulusan.

level berbagi merupakan level paling atas dari standar kompetensi TIK guru dimana guru diminta untuk berbagi menyampaikan ilmu dan pengalaman pembelajaran yang telah dilaksanakan dari level 1 sampai dengan level 4 kepada guru maupun siswa lainnya. 

lalu, buat ikutan PembaTIK ini ada syaratnya tidak yaaa..?? bertanya - tanya kan ya. Baik, simak syaratnya berikut:


1. Guru PNS di semua jenjang yang dibuktikan dengan SK PNS nya.
2. Guru Honorer di Instansi Negeri/Swasta di semua jenjang yang dibuktikan dengan SK dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.
3. Minimal mengajar satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran / guru kelas).

Nah, jelas kan sekarang sudah mengerti PembaTIK itu apa ? kalau syaratnya cocok, pas gitu yaa hehee jangan ragu buat ikutan.. akan banyak pengalaman dan ilmu yang bermanfaat mengenai TIK dalam pembelajaran. oh iya, akan ada sertifikat juga loh langsung dari kemendikbudnya. Yuk langsung daftar cek simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Yusuf Sodhiqin
Yusuf Sodhiqin Hello, saya Yusuf Sodhiqin, Sahabat Rumah Belajar Banten 2020 Guru Matematika SMAN 1 Kota TangSel Juara IV Best Practice Nasional PJJ LPMP DIY Favorite Writer Lomba Puisi ASEAN 2020

Posting Komentar untuk "Apa PembaTIK itu ?"