Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 


Kuliah Umum - Kiat Menyusun Penulisan yang Menarik

 

Kuliah Umum - Kiat Menyusun Penulisan yang Menarik


Rabu, 16 September 2020, part selanjutnya saya ingin berbagi hasil dari kuliah umum yang saya ikuti dari penulis favorit saya (waw banget ya ketemu idola walaupun virtual sih, tapi suatu kebahagiaan hehee.. ). Kali ini sharing ilmu dibagikan oleh Mba Asma Nadia seorang Novelist Best Seller Indonesia. Asma Nadia membagikan kisahnya memulai menulis dan tips untuk mulai menulis dan menjadi penulis.

Menurut Asma Nadia menjadi penulis tidak memerlukan bakat sesuai pemaparannya bahwa presentase bakat hanyalah 5 % dalam keberhasilan, 5 % lainnya adalah keberuntungan dan 90 % nya adalah kerja keras. menurut Asma Nadia menulis bukanlah sekedar ide bagus tetapi keresahan hati yang dituangkan ke dalam tulisan. menulis adalah keterampilan dan keterampilan bisa dipelajari.

Asma Nadia memaparkan untuk membuat tulisan menarik, kuncinya ada dua yaitu:

1. Ide
ide yang digunakan untuk menulis merupakan hal yang baru dan dekat dengan pembaca. maksudnya adalah segala hal yang dibutuhkan orang dan belum ada serta dekat dengan permasalahan kehidupan sehari - hari pada umumnya seperti patah hati.

2. Teknik Penyajian
dimulai dari judul seperti apa opening dan endingnya. kemudian dimunculkan konflik yang kuat di dalamnya yang tidak dapat diduga dan membuat pembaca stay di bukunya. hal yang lain adalah setting yang mendukung emosi pembaca, penokohan dan bentuk cerita.

kemudian untuk Trik khusus buku best seller, asma nadia membagikan tips yaitu:

1. gagasan dan isi buku menarik
2. segmentasi jelas
3. pembaca perempuan (ini sih yang baru saya tahu, ternyata riset perempuan mempunyai banyak keresahan yang kompleks itu benar adanya yaa.. "ups")
4. Sosok buku
5. Dibutuhkan (buku tersebut dicari orang karena tidak ditemui di toko-toko buku)
6. waktu yang tepat
7. promo
8. sosial media
9. pesan 

Buku Best Seller Asma Nadia


"menulis itu berbagi, kerja satu kali, buka mata buka telinga dan menulislah setiap hari"-Asma Nadia


Yusuf Sodhiqin
Yusuf Sodhiqin Hello, saya Yusuf Sodhiqin, Sahabat Rumah Belajar Banten 2020 Guru Matematika SMAN 1 Kota TangSel Juara IV Best Practice Nasional PJJ LPMP DIY Favorite Writer Lomba Puisi ASEAN 2020

Posting Komentar untuk "Kuliah Umum - Kiat Menyusun Penulisan yang Menarik"