Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 


Kuliah Umum - Kiat Sukses Berkomunikasi

 

Kuliah Umum - Kiat Sukses Berkomunikasi dengan Publik

Selasa, 15 September 2020, kuliah umum perdana untuk peserta PembaTIK Level 4 dan peserta dari kalangan umum dimulai dengan dihadirkannya pemateri kondang yaitu masternya dari Public Speaking yang juga merupakan pendiri dari CBS School of Communications, dia adalah Charles Bonair Sirait, SE, MM. 

Pandemi telah merubah interaksi pembelajaran antara guru dan siswa dari interaksi langsung yang terjadi di kelas berubah menjadi serba virtual. hal tersebut menuntut setiap guru mempunyai kemampuan komunikasi publik yang harus dipelajari. kemampuan komunikasi yang efektif kepada siswa menjadi tuntutan yang sangat tinggi di tengah kondisi pembelajaran jarak jauh seperti ini. 

Charles Bonair Sirait memaparkan bahwa ada 4 kemampuan komunikasi yang harus dipelajari oleh seorang pendidik, yaitu:

1. Memahami Pola Komunikasi Sederhana

Pola komunikasi sederhana adalah adanya pengirim, pesan yang disampaikan dan penerima pesan. seorang pendidik harus mampu memimpin pengajarannya dan meyakinkan serta mempengaruhi peserta didik atas apa yang disampaikan. pendidik adalah pusat perhatian publik, jadi bagaimana pendidik mampu menarik perhatian siswa menjadi pusat yang diperhatikan saat mengajar.

2. Impacfull Communication

Yang dimaksud impactfull communication adalah memiliki kekuatan untuk mempunyai rasa bersimpati. kata - kata yang sangat terkait dengan impactfull adalah Affecting, emotional, moving, impressive, touching. sedangkan comunication berasal dari bahasa latin communicare yang berarti to share. tahapan dasar komunikasi adalah merancang gagasan kemudian dikomposisikan dan dipindahkan dalam sebuah pesan yang disampaikan.

3. Persuasive Communication

Persuasive communication mengartikan bagaimana setiap pendidik nantinya menjadi pemimpin dalam mengajarnya yang mampu mempengaruhi siswa tentu dengan kompetensinya.  

4. Personal Branding

Layaknya branding suatu produk, personal branding bertujuan untuk membangun: apersepsi, asosiasi, harapan konsumen terhadap kita. kalau yang selama ini kita tahu jualan itu produk atau servis, maka personal branding adalah upaya untuk menjual kelebihan diri kita

Guru adalah pusat perhatian siswa, jadilah pusat yang menarik perhatian siswa dan membuat yakin siswa tentang apa yang akan disampaikan dengan cara komunikasinya.


Yusuf Sodhiqin
Yusuf Sodhiqin Hello, saya Yusuf Sodhiqin, Sahabat Rumah Belajar Banten 2020 Guru Matematika SMAN 1 Kota TangSel Juara IV Best Practice Nasional PJJ LPMP DIY Favorite Writer Lomba Puisi ASEAN 2020

Posting Komentar untuk "Kuliah Umum - Kiat Sukses Berkomunikasi"