Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 


Perjuangan Lanjutan PembaTIK Saya Tahun 2020

 

Nah, teman - teman, Bapak/Ibu guru hebat dan kece semua, postingan kali ini saya akan lanjutkan bagaimana saya memulai kembali mengikuti PembaTIK tahun ini khususnya di tahun adanya Pandemi Corona, belum tahun corona ? bagaimana sih corona masuk ke Indonesia ? simak postingan https://www.merdeka.com/peristiwa/asal-usul-virus-corona-masuk-indonesia-berawal-dari-2-warga-jepang.html

sebelumnya saya sudah menceritakan postingan saya terkait berhentinya saya di level 2 PembaTIK tahun 2019 karena padatnya kegiatan di sekolah, lebih lanjut bisa baca kembali di https://www.sekolahpena.com/2020/10/berhenti-di-pembatik-level-1-tahun-2019.html. kali ini saya mau berbagi cerita bagaimana akhirnya saya mengikuti kembali PembaTIK tahun 2020 dan alhamdulillah kali ini sampai di level terakhir yaitu Level 4 Berbagi. 

Twibbon Peserta PembaTIK Level 4 Provinsi Banten


Berawal dari pemberitahuan kembali informasi PembaTIK tahun 2020 yang disebar oleh Plt Kepala Sekolah saya saat itu Ibu Hj. Djamilah Sudjana, M.Si di grup sekolah, karena saya sudah mengikuti tahun kemarin dan menyesal tidak melanjutkan, antusias saya yang tinggi membuat saya mencari tahu lebih lanjut di web simpatik.belajar.kemdikbud.go.id dan memang benar bahwa PembaTIK tahun ini dibuka kembali pendaftarannya. wah langsung saja saat itu saya melihat jadwal yang tertera. 

PembaTIK level 1 dibuka, kemudian Bu Djamilah saat itu memerintahkan dan mengajak untuk semua guru mengikuti kegiatan tersebut dan segera mendaftar di laman SIMPATIK. pokoknya saat itu euforia sekolah dengan adanya PembaTIK tahun ini lebih BOOOOM dibanding tahun dimana hanya saya, Bu Ressy dan Pa Hadi yang mendaftar saat itu. dari ajakan dan motivasi Bu Djamilah, hampir semua guru saat itu mendaftar PembaTIK level 1 yang memang sedang dibuka pendaftarannya. untuk saya yang sebelumnya telah lulus di level 1 dapat menunggu saja pembukaan kembali level 2 dan langsung mendaftar tanpa melewati level 1. mudah bukan teman? iya, itulah sistem dari SIMPATIK oleh Pusdatin Kemdikbudnya.

Sembari menunggu, banyak sekali guru - guru di sekolah yang menanyakan bagaimana pembaTIK level 1 dilaksanakan, bagaimana membuka kelasnya, sistemnya seperti apa, banyak yang belum mengetahui bagaimana alur pembaTIK ini dilaksanakan. akhirnya, saya menjelaskan semua proses yang dilalui di level 1 beserta ajakan untuk melihat lamannya di SIMPATIK. setelah level 1 selesai kurang lebih 2 minggu tiap gelombang, level 2 dibuka di SIMPATIK, kemudian saya langsung GASSS login dan mendaftar level 2 PembaTIK gelombang pertama (seperti tidak yakin sebenarnya ambil gelombang pertama nekat banget yaa, tapi bismillah hehe.. ).

Di pembaTIK level 2 ini saya melakukan hal yang sama dengan level 1 tahun kemarin, mendownload modul kembali untuk dipelajari, mengerjakan kuis, kemudian mengerjakan ujian akhir. yang berbeda dengan level 1, di tahapan ini kita diminta membuat vlog implementasi model pembelajaran menggunakan TIK (karena saat itu pembelajaran daring, tentunya menggunakan aplikasi/fitur pembelajaran yang tersedia khususnya rumah belajar). Vlog saya saat itu adalah pembelajaran yang saya lakukan secara tatap maya dengan  video call melalui zoom dan luring melalui Kelas Maya Rumah Belajar. saya menggunakan kelas maya rumah belajar dengan sebelumnya sekolah mendaftarkan akunnya dan begitupun dengan saya dan semua siswa yang saya ajar. vlog saya di level 2 dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=VTqpjP7-YM0&t=49s (jangan lupa SUBSCRIBE, COMMENT AND LIKE yaa.. )

Alhamdulillah saya dinyatakan lulus level 2 dan dapat melanjutkan ke level 3 yaitu level kreasi. dapat sertifikat lagi loh. ini dia 👀


Sertifikat PembaTIK Level 2 Tahun 2020


Masuklah saya di level 3 yaitu level kreasi (dalam hati sudah berkata waw mantap juga ini nanti tahapannya makin tinggi pasti... ), saat itu yang saya hanya lakukan adalah memantapkan keyakinan dan bisa melalui semua prosesnya. tahapan ini lumayan untuk dilewati, karena tahapan ini kita diminta mengerjakan tugas  membuat konten kreativitas dan inovasi materi pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif atau video pembelajaran yang semuanya sudah ada aturannya di kelas SIMPATIK. penilaian yang lain juga dinilai dari diskusi di kelas simpatik dan ujian akhir dengan presentase penilaian tugas yaitu 60 %, Ujian Akhir 30 % dan Diskusi 10 %.  

Di tahapan ini saya lebih memilih video pembelajaran karena saya terbiasa menjelaskan dan memberikan materi melalui video ke siswa walaupun saya masih terus belajar bagaimana membuat video pembelajaran yang baik ditahapan ini. saya mempelajari camtasia, kinemaster, VN editor, mempelajari bagaimana menggunakan greenschreen, membuat animasinya dan melakukan editingnya. pokoknya saya bilang tahapan ini WOW!. saya praktik terus sambil menyusun script seperti apa yang ditampilkan dan mempelajari modul untuk ujian akhir. alhamdulillah, selama kurang lebih sebulan jadilah video tersebut dengan berapa kali take (saya kelupaan karena banyak hehe..) dan saya upload ke SIMPATIK. video yang saya buat di level 3 bisa teman tonton nih topiknya trigonometri, cek https://www.youtube.com/watch?v=zODU4mrKbc8&t=103s (jangan lupa SUBSCRIBE, COMMENT AND LIKE yaa.. )

Disinilah pengalaman yang tak terlupakan dimulai. saya sudah mulai membaca dimana - mana bahwa pengumuman kelulusan level 3 sudah ada (nunggunya luar biasa bersabar kurang lebih 3 bulan, hilal muncul teman - teman !!). kemudian saya SHOCK, karena saya dinyatakan tidak lulus dan mengulangi lagi di tahun depan. yaa saat itu saya hanya berusaha ridho namun tetap saja pikiran saya terus dibayang-bayangi rasa keingintahuan kenapa tidak lulus dan saya jatuh di nilai bagian mana ??. keingintahuan saya semakin jadi dan tidak bisa ditahan dan akhirnya saya berusaha mencari info melalui DRB Banten Pa Arif dan Bu Ai, setelah ditelusuri sampai di tutor penilai ternyata saya anjlok di tugas teman - teman padahal nilai ujian saya tinggi. setelah dicari infonya, ternyata video yang saya upload url nya tidak ada. saya merasa kurang puas karena susah payah saya mengerjakan video itu dengan baik saat istri sedang menjelang lahiran terus tiba-tiba tidak dinilai. akhirnya saya memperjuangkan hak saya (hak perlu diperjuangkan), kenapa begitu, karena saya sama sekali tidak mendapatkan info mengenai tugas saya tidak ada link URLnya dan grup telegram gelombang saya tidak dapat diakses sama sekali dari awal pelatihan. saya menghubungi pihak Pusdatin dan meminta solusinya setidaknya dilihat dan dinilai tugas saya. alhamdulillah jalan masih ada dan secercah cahaya membuat saya tidak gelisah, tim penilai masih memberikan kesempatan untuk melihat dan menilai tugas saya. terimakasih Ya Allah. 

Keajaiban dari Allah memang tidak pernah kita duga, dan rezeki setiap orang tidak akan tertukar. disaat pengumuman kelulusan level 3 yang melanjutkan ke level 4 (untuk ke level 4 diambil 30 terbaik provinsinya) tersebar di grup telegram. suatu hal diluar dugaan sama sekali, ketika saya melihat pengumuman terdapat nama saya di deretan 30 besar provinsi Banten yang lanjut ke level 4 berbagi. saya tidak menyangka sampai saya cek ulang berkali - kali, ketika saya konfirmasi ternyata memang benar datanya apa adanya. 

30 besar provinsi Banten PembaTIK Level 4


ALHAMDULILLAH, syukur luar biasa Allah kasih hadiah, buah dari kesulitan sebelumnya. ingat selalu teman, selalu ada kemudahan disetiap kesulitan. akhirnya saya maju ke level 4 berbagi dan bergabung bersama teman-teman yang saat ini disebut sebagai SAHABAT RUMAH BELAJAR (SRB) BANTEN 2020. CAHYOO.. selamat berjuang teman - teman !


Menjadi SRB Banten 2020 😀👍


semangaaaat teman - teman para SRB BANTEN 2020  
BANTEN JUARA !




Yusuf Sodhiqin
Yusuf Sodhiqin Hello, saya Yusuf Sodhiqin, Sahabat Rumah Belajar Banten 2020 Guru Matematika SMAN 1 Kota TangSel Juara IV Best Practice Nasional PJJ LPMP DIY Favorite Writer Lomba Puisi ASEAN 2020

Posting Komentar untuk "Perjuangan Lanjutan PembaTIK Saya Tahun 2020"