Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 


Tatap Maya 6 - WEBINAR Nusantara SEMUT MERAH 5 provinsi



Sesi Berbagi Ke 6 [Webinar Kolaborasi Nusantara Semut Merah] - Kep Babel-Banten-Jatim-Jateng-Papua Barat. Alhamdulillah Berjalan Lancar, dihadiri 3 duta rumah belajar dari provinsi Papua Barat ada Bu Dolfhin, dari Provinsi Kep. Babel ada Pak Tedi dan dari Provinsi tercinta ada Bu Ai,. Dipandu Bu Evin sebagai host kece dari Jawa Timur dihadiri antusias peserta yang hadir di room kurang lebih 70 orang dan di live streaming kan di Youtube~


perjalanan yang panjang dari keinginan pribadi untuk bisa berkolaborasi dengan SRB banyak provinsi, ide saya muncul ketika saya mengajak secara dadakan dan berkenalan pun melalui telegram secara dadakan (modal nekat hehe..) dengan bu Novi dari papua barat, bu siti dari Bangka Belitung dan Pa Dian dari Jawa Tengah, mereka saya ajak berkolaborasi dan meminta nomor whatsappnya untuk saya gabungkan ke grup kolaborasi (berbau paksaan tapi berujung kekompakan­čśŐ). alhamdulillah mereka sangat antusias dan senang hati menerimanya. untuk menambahkan keramaian grup ini saya memasukkan kembali teman seperjuangan Bu Evin dari Jawa Timur. 

memang menyatukan waktu untuk temu meeting room sangatlah tidak gampang, disamping waktu pribadi juga signal yang tidak merata dari kami yang berbeda provinsi. akan tetapi, dengan kekompakan yang luar biasa mengalir begitu saja, jadilah kami meeting untuk gladi dan menentukan tema serta teknis dan jobdesk untuk webinar ini. setelah temu meeting beberapa kali kami sepakat untuk menamakan webinar ini dengan sebutan "NUSANTARA SEMUT MERAH (Sehari Bersama Untuk Merangkai Kisah), berawal dari ide nekat saya yang saya pikirkan saat itu tentang singkatan ini dengan tujuan kebersamaan sesaat tetapi akan menjadi kisah selamanya (eeaaa banget ya tapi sesuatu hehe..) dan akhirnya direstui oleh teman - teman. Alhamdulillah. 

saya mengusulkan untuk Bu Novi menceritakan bagaimana PJJ di Papua Barat yang khas pasti sangat ditunggu. jadilah kami sepakat membagi jobdesk, Host dan moderator sekaligus di pimpin oleh Bu Evin, Bu Novi menceritakan PJJ dari Papua Barat, Pa Dian dan Bu Siti memaparkan isu yang sedang hangat yaitu pemanfaatan kuota gratis salah satunya untuk rumah belajar, dan saya kembali diminta untuk memaparkan kiat penulisan yang menarik (ini karena Bu Novi diam-diam adalah follower instagram dari kata-kata yang saya tulis hehee.. ternyata begini bertemu seseorang yang histeris mengikuti kata - kata yang sering saya tulis). 

acara dibuka oleh Bu evin dengan lantang dan sudah beberapa kali latihan, alhamdulillah berhasil membawakan webinar kali ini dengan perjuangan signal yang luar biasa, hebat Bu Evin hehee. 


dilanjutkan motivasi dari para DRB yang kita undang yaitu Bu Dolfhin dari Papua Barat, Pa Tedi dari Bangka Belitung dan Bu Ai dari Banten. tentu kehadiran mereka sebelumnya sudah kita tembusi oleh masing-masing SRB nya (terimakasih Bu Ai sudah bersedia hehee..). mereka semua berpesan bahwa DRB adalah bonus, jangan berhenti berbagi dan teruskan selagi masih bisa dan wajib dijalani. 





alhamdulillah acara berjalan lancar dengan antusias yang luar biasa dari peserta sebanyak 72 orang, di streamingkan juga melalui youtube Pa Dian. ada satu pertanyaan yang saya ingat yaitu bagaimana membuat tulisan yang bagus pa yusuf ?, saya waktu itu menjadi terkesan dengan Bu Neng sapaan beliau, karena dengan bertanya seperti itu berarti beliau punya motivasi yang kuat untuk menulis dan saya jawab dengan kalimat "saya yakin ibu bisa menulis, jadi mulailah menulis, kelak tulisan ibu pasti bermanfaat, karena tidak ada satu tulisan pun yang berhak dihakimi apalagi pengalaman pribadi"



Yusuf Sodhiqin
Yusuf Sodhiqin Hello, saya Yusuf Sodhiqin, Sahabat Rumah Belajar Banten 2020 Guru Matematika SMAN 1 Kota TangSel Juara IV Best Practice Nasional PJJ LPMP DIY Favorite Writer Lomba Puisi ASEAN 2020

Posting Komentar untuk "Tatap Maya 6 - WEBINAR Nusantara SEMUT MERAH 5 provinsi"