Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 


Tatap Maya 9 - nGOBrAS 7 Provinsi


Sesi Berbagi ke 9 - tatap Maya ke - 9 ini merupakan tindak lanjut dari ajakan DRB Banten 2019 sekaligus Tutor saya yang baik hati yaitu Bu Ai yang mengajak untuk gabung dalam kolaborasi DRB dan SRB 6 provinsi dan meminta saya untuk ikut tampil dalam kolaborasi tersebut dengan tagline NGOBRAS (Ngobrol Asik). Kolaborasi ini mengusung tema "Praktik Baik Pembelajaran TIK terintegrasi Rumah Belajar" 


Kegiatan ini dibagi menjadi 3x penampilan yang terjadwal yaitu Rabu, Jumat dan Sabtu, kebetulan dari Banten diwakili oleh saya dan 2 teman SRB saya yaitu Bu Heryanah dan Bu Rini yang keren. Saya kebagian hari Rabu, Bu Heryanah hari Jumat dan Bu Rini mendapat kesempatan di hari terakhir yaitu Sabtu. 

Tibalah di hari Rabu, Pukul 18.30 saya dan beberapa tim sudah masuk untuk memantau teknis termasuk mendata kembali DRB dan SRB yang sudah hadir. 

Pukul 19.10 dibukalah sesi webinar kolaborasi ini dengan Bu Wiwi (SRB Kalteng) sebagai moderator. Sesi pembuka kali ini luar biasa karena dibuka oleh Pa Gogot Suharwoto Ph.D yang menyempatkan hadir di room memenuhi undangan untuk membuka acara dan memberikan motivasi untuk kami. Beliau mengatakan antusias yang luar biasa dengan kegiatan ini dimana kolaborasi bisa dilakukan lintas jarak tanpa hambatan secara virtual, terus berbagi, berinovasi tiada henti untuk pendidikan. Dan beliau berpesan untuk kami selalu kedepankan leadership, bentuk dan pupuk untuk sebuah tim yang kuat.



Sesi selanjutnya adalah motivasi dari DRB yang pada kesempatan kali ini DRB dari Kalteng dan Banten yaitu Bu Hanna dan Bu Ai yang memberikan semangat untuk kami terus berbagi. 

Selanjutnya adalah pemaparan materi oleh 6 narasumber dalam 2 sesi yang setiap sesinya terdiri dari 3 narasumber memaparkan praktik baiknya dalam pengajaran menggunakan rumah belajar. Nah, saya dalam kesempatan kali ini memaparkan Flipped classroom dengan kelas Maya Saba Banten dan Project Based Learning dengan SACOBI. Kurang lebih ada 52 partisipan yang hadir di room dan ikut bertanya dalam sesi tanya jawab salah satunya adalah bagaimana mengatasi kebingungan ketika terdapat anak yang sudah malas belajar daring. Saya hanya menjawab bahwa mood siswa harus dibangun dahulu dengan pembelajaran yang fun. 




Yusuf Sodhiqin
Yusuf Sodhiqin Hello, saya Yusuf Sodhiqin, Sahabat Rumah Belajar Banten 2020 Guru Matematika SMAN 1 Kota TangSel Juara IV Best Practice Nasional PJJ LPMP DIY Favorite Writer Lomba Puisi ASEAN 2020

Posting Komentar untuk "Tatap Maya 9 - nGOBrAS 7 Provinsi"