Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 


Asesmen Nasional

 


Assalammualaikum sahabat semua, Bapak Ibu guru hebat.. Tetap semangat menebarkan senyum terhadap anak didik 😊

di postingan saya kali ini saya akan berbagi mengenai hot issue yang sudah sangat diperbincangkan dimana - mana yaitu Asesmen Nasional.

Kebetulan nih sahabat, saya kemarin mendapatkan sosialisasi mengenai Asesmen Nasional di sekolah saya dengan Narasumber Pak H. Mustahdi, M.Ag dan Pak H. Satiri, M.Pd. terimakasih Bapak - Bapak hebat materinya, sungguh bermanfaat untuk saya mengkonfirmasi berita mengenai Asesmen Nasional diluaran sana. 

Saat saya memenangkan kuis Asesmen Nasional dari pemateri

Foto bersama Bapak KCD, Pengawas, Kabid, Kepala Sekolah dan guru - guru


apa sih itu Asesmen Nasional ?? samakah dengan Ujian Nasional? pertanyaan itu banyak sekali terdengar dikalangan pendidik dan siswa - siswi di Indonesia, bahkan sudah banyak yang mulai bertanya bentuk Asesmen Nasional seperti apa. 


mari kita bahas Asesmen Nasional...

-PENGERTIAN-

Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Asesmen Nasional dilakukan untuk mengevaluasi kinerja satuan pendidikan dan sekaligus menghasilkan informasi untuk perbaikan kualitas belajar - mengajar, yang kemudian diharapkan berdampak pada karakter dan potensi siswa. ada beberapa poin yang perlu sahabat ingat mengenai Asesmen Naisonal ini, yaitu:

1. Asesmen Nasional tidak menilai individu peserta didik.

2. Sekolah tidak perlu melakukan persiapan khusus berupa latihan soal, namun menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan.

3. Sekolah tidak perlu melakukan bimbingan khusus kepada peserta didik untuk menjawab soal.

Berdasarkan poin diatas, tidak perlu lagi para guru atau adik - adik peserta didik khawatir dan takut sehingga membuat bimbingan belajar khusus sendiri di sekolah atau mengikuti pelatihan - pelatihan menjawab soal Asesmen Nasional. Diingat kembali, Asesmen Nasional ini bukan pengganti UN dan bukan penentu kelulusan. 

-INSTRUMEN ASESMEN NASIONAL-

Pemetaan mutu pendidikan melalui Asesmen Nasional menggunakan 3 instrumen yaitu:

1. Asesmen Kompetisi Minimum (AKM)

    AKM bertujuan mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.

2. Survei Karakter

    Survei ini bertujuan mengukur sikap kebiasaan, nilai - nilai (values) sebagai hasil belajar non kognitif. Asesmen nasional mendorong mengembangkan sikap dan perilaku yang mencirikan pelajar pancasila. 

3. Survei Lingkungan Belajar

    Survei ini bertujuan untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

-SASARAN ASESMEN NASIONAL-

Untuk persekolahan peserta adalah sampel siswa kelas 5, 8 dan 11 (dipilih acak). Setiap peserta mengerjakan AKM, survei karakter dan survei lingkungan belajar. Semua guru juga mengerjakan survei lingkungan belajar secara mandiri, begitu pun dengan semua kepala satuan pendidikan mengerjakan survei lingkungan belajar secara mandiri. 

Untuk murid kelas 5, 8 dan 11 dipilih maksimal 30 murid SD dan 45 murid SMP/SMA/SMK. Tes dan kuisioner murid diadministrasikan menggunakan komputer dalam kondisi terawasi. sedangkan semua guru menjadi responden. untuk mengurangi administratif, guru diberi waktu 2 minggu untuk mengisi kuisioner. pengisian kuisioner dilakukan secara daring tanpa pengawasan (mandiri), begitupun dengan kepala sekolah. 

sudah sedikit terbantu ya sahabat semua mengenai informasi Asesmen Nasional, semoga bermanfaat dan membantu.

Yusuf Sodhiqin
Yusuf Sodhiqin Hello, saya Yusuf Sodhiqin, Sahabat Rumah Belajar Banten 2020 Guru Matematika SMAN 1 Kota TangSel Juara IV Best Practice Nasional PJJ LPMP DIY Favorite Writer Lomba Puisi ASEAN 2020

Posting Komentar untuk "Asesmen Nasional"